Antara Ujian Nasional dan Ujian Chuunin

30Apr08

Ayo serius ngerjainnya !

– Apa bedanya ? –

Selama uan kemaren sambil nunggu wahyu dari atas (baca:operator selular) gw mikir dan jadi teringat Ujian Chuunin di cerita Naruto. Bener-bener mirip deh sama UAN yang gw alamin kemaren. Mau tau buktinya?

Yang diuji bukan kemampuan peserta mengerjakan soal. Tapi bagaimana keahlian peserta dalam mendapatkan informasi (baca:jawaban). Bener? Masa ninja waktu bertempur dengan musuh disuruh ngukur sudut pelemparan kunai/shuriken biar targetnya kena? Gak mungkin kan? Begitu juga Ujian Nasional, kalo udah lulus nanti kita gak perlu repot-repot menghitung frekuensi suara yang kita dengar dari kereta api yang baru datang dengan kecepatan sekian meter/sekon. Gak mungkin kan kita disuruh ngitung limit, integral, dan semacamnya kalo udah kerja nanti. Kecuali kamu kerja jadi guru/dosen.

Seperti ujian chuunin, kelulusan peserta ditentukan oleh keputusan peserta itu sendiri. Bagi yang tidak berani ngambil keputusan. Ancamannya adalah tidak bisa lulus selamanya. Dalam Ujian Nasional, kita dihadapkan pilihan yang sulit. Antara memilih jawaban sendiri, jawaban teman, bocoran soal jawaban, jawaban guru, jawaban bimbel, dan sms-sms nyasar yang menyesatkan.

Kesimpulannya UAN sangat tidak tepat bila dijadikan tolak ukur mutlak kelulusan siswa. Sangat tidak adil bila tiga tahun terkorbankan gara-gara tiga hari. Guru yang sudah membimbing selama tiga tahun tidak bisa berbuat apa-apa untuk kelulusan para siswanya selain mengerjakan soal dan mengirim jawaban via sms. Lulus UAN tidak menjamin siswa itu berkompeten dalam bidang semacam Fisika, Kimia, dan Biologi. Sepertinya yang diujikan pada UAN adalah life skill bukan academic skill. Lihat saja bagaimana trik-trik para siswa ngibulin pengawas. Seperti Ujian Chuunin, Ujian Nasional menguji skill peserta dalam memperoleh dan menyebarkan informasi. Betul ?

Eniwei, wish me good luck!



3 Responses to “Antara Ujian Nasional dan Ujian Chuunin”

  1. 1 asuna17

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://pendidikan.infogue.com/antara_ujian_nasional_dan_ujian_chuunin

  2. wah menarik juga, kalo UN=Ujian Chuunin, trus Hokkage itu= siapa?
    salam kenal ya🙂

  3. 3 LoRd_CaRZeV

    HokAge na Bapak SBY…WKakakaak…..^^
    It’s Great BLog…!!!
    I Like it…
    Lucu,,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: