Buat Blogger Nomad, Aplikasi Portabel

03Mei08

– Keep it Simple, Stupid ! –

Dari dulu sampai sekarang, tipe software yang saya paling saya buru adalah yang bertipe portabel. Meskipun tidak semuanya saya bawa ke warnet. Sebagian malah saya pasang di hardisk. Bukan karena apa-apa sih, cuman untuk menghemat ruang registry. Lagipula kalau udah bosan bisa langsung dihapus atau copy lagi tanpa perlu proses install-uninstall yang sering kali membuat registry dan hardisk berantakan.

Berhubung koleksi app portabel saya udah cukup banyak, tidak ada salahnya kalau saya share di sini. Nah, software portabel bisa anda unduh di tempat-tempat berikut:

Beberapa app portable yang menjadi favorit saya sekalian rekomendasi untuk anda yang mau mencoba :

Firefox Portable. Si Rubah Api ini wajib dibawa bagi blogger nomaden. Bisa diinstall plugin sendiri, jadi gak perlu repot-repot nginstall plugin tiap ke warnet. Panduan plugin yang disarankan bisa dilihat di sini, di sini, atau di sini. Biasanya saya membawanya dalam bentuk zip/rar. Extract dulu ke hardisk kalau lagi make. Zip lagi kalau udah selesai ke flashdisk.

Thunderbird Portable. Sebenarnya jarang saya pakai karena saya buka e-mail cuma buat verifikasi pendaftaran situs-situs tertentu. Mail client keluaran Mozilla ini lumayan bagus untuk menarik e-mail untuk dibaca offline maupun menulis bagi aktifis-aktifis milis.

Filezilla Portable. FTP client dari Mozilla yang cukup ringan untuk dibawa di flashdisk dalam keadaan uncompressed. Bagi pemakai hosting sendiri yang berbayar, sangat cocok buat mengupdate file-file wordpressnya.

Gaim Portable. Aslinya berbasis Linux, tapi sudah ada versi Windustnya. Cocok dipakai buat kamu yang sering chatting multi-dunia (baca:YM-Jabber-MSN-dll)

Internet Download Manager Portable. Versi portabel dari IDM ini belum pernah kucoba. Berhubung saya sudah memasang plugin downthemall di Firefox Portable. Pilihan tepat bagi para rakus benwit.

Sudoku Portable. Permainan logika menyusun angka ini merupakan favoritku. Tidak kubawa di flahsdisk, Cuma dipasang di hardisk kok.

Foxit PDF Reader Portable. Jauh lebih cepat dan lebih kecil daripada Adobe Reader.

Sharp Reader. Saya lupa apakah aplikasi ini portabel atau tidak. Berfungsi sebagai RSS reader. Bagi blogger yang cukup banyak berlangganan entry, aplikasi ini sangat membantu. Walaupun di Firefox Portable sudah ada Live Bookmark, tidak ada salahnya mencoba yang satu ini.

A43 File Manager dan Total Commander Portable. File manager pengganti Explorer yang sangat membantu saat komputer yang dipakai sedang terkena virus, dan saya dalam keadaan malas untuk merestart. Bisa untuk menjelajahi isi komputer dan melewati beberapa restriction yang diberlakukan admin warnet. Total Commander juga dilengkapi FTP client.

Process Explorer. Untuk menghentikan proses secara paksa bila task manager diblokir admin. Sebenarnya program ini jauh lebih informatif dan jauh lebih baik dibanding task manager bawaan Windust. Selalu
saya bawa ke manapun.

TrueCrypt. Aplikasi drive virtual portabel ini sangat berguna untuk menyembunyikan file-file rahasia di flashdisk. Saya menggunakannya untuk menyimpan beberapa tool hacking yang rawan dicurigai
antivirus, file-file yang sensitif dan foto-foto si dia, dan log chatting.

Bobo Regedit. Registry Editor alternatif. Bisa dipakai kalau regedit standar diblokir. Saya menemukan aplikasi ini dari situs VB-Bego dua tahun yang lalu sebelum situsnya renovasi. Entah masih ada atau
sudah lenyap. Ini program bikinan anak Indonesia loh.

Ansav dan PCMAV. Antivirus karya Putra Bangsa ini merupakan yang paling populer. Saya sendiri lebih memilih Ansav karena prosesnya lebih cepat.

IE Password Recovery. Lebih ke arah iseng. Dengan tool ini password-password dan autocomplete yang diingat IE bisa ditampilkan. Kali aja dapat something nice.

WinARP Attacker. Ini lebih sadis. Kalau kesal sama koneksi warnetnya, jalankan program ini, scan, dan flood! Trus pulang cari warnet lain.😈 Perlu library winpcap, saya belum menemukan winpcap portabel, jadi bawa selalu installer winpcap bersama program ini. Bisa juga digunakan untuk ngeban gateway dan bikin IP conflict. Jahat banget dah.

Nah sekian rekomendasi dari saya. Dari yang paling berguna sampai yang paling
berbahaya sudah saya kasih tau. Ada yang mau menambahkan?

CMIIW



10 Responses to “Buat Blogger Nomad, Aplikasi Portabel”

  1. Filezilla Portable. FTP client dari Mozilla yang cukup ringan untuk dibawa di flashdisk dalam keadaan uncompressed. Bagi pemakai hosting sendiri yang berbayar, sangat cocok buat mengupdate file-file wordpressnya.

    Oh! Baru tahu saya ada Filezilla Portable.:mrgreen:
    Thanks, bisa didonlod nanti.😀

    *save @del.icio.us*

  2. @Xaliber von Reginhild
    Tengkyu bookmarknya. buat apa filezilla’nya?

  3. Buat fansite Bleach saya.:mrgreen: Tapi ternyata lamban ya.😦

  4. dulu saya pernah nyoba uplod file2 WP ke hosting gratisan pake filezilla, emang lambat.. gak tau kalo ftp client lain..😐

  5. Hmm…Portabel app mank gud buat warnet user seperti kita2…( Aku,You, And Dendy…

    Tapi bingung knapa Mozilla portable gak bisa dipake?? (harus di configure IP dan lain2x??) adakah alasan??

    Eh.. ajarin penggunaan Win arp attaker donk!! Aq dah nyoba berkali2… Tapi gak bisa bikin warnetnya kacau… ^^;

  6. yoi bro…, tuk disebarluaskan…hehe.., sori ga permit…hehe, thx u sblmnya

  7. wow keren amat

  8. 8 yasser

    mas tolong ajarin dong bikin blog

  9. Below is the basic questions which you need to address
    while getting a suitable kind of POS software for your place:.
    If such files find their way to the Internet, one can imagine how easy
    it becomes to get license key off internet. As soon as you hack Facebook account, you can get involved with it and carry
    out whatever you want to.


  1. 1 Ini blogku… awas nyasar!!! « Note of Boredom

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: