Virus Penyebar Kebaikan

03Mei08

One Winged Angel

– Selalu ada sisi baik dari sesuatu –

Judulnya terkesan agak kontradiktif?

Biar saya jelaskan dulu. Selama ini kita mengenal virus hanya dari sisi negatifnya. Generalisir yang tepat kalau kita menyebut semua virus adalah jahat dan merusak, meski tak sepenuhnya tepat. Pernah melihat virus selalu mengingatkan kita waktu shalat? Termasuk virus lama memang, tapi dari situ saya terinspirasi untuk membuat gebrakan baru dalam dunia industri pervirusan Indonesia. Ya mungkin akan
menuliskan nama di sejarah.:mrgreen:

Hmm, saya akan membuat virus yang melawan mainstream dan berbeda dari stereotype virus kebanyakan. Bisa dikatakan bersifat melawan tradisi virus konvensional. Kurang jelas?

Bermula dari kekesalan dan kejengkelan saya terhadap beberapa orang yang selalu meminta saya membersihkan virus di komputernya. Rata-rata hal yang kulakukan sama, menghentikan proses virus, menghapus entri startup, dan menghapus sisanya. Lalu saya berpikir, kenapa tidak membuat virus/worm yang bisa melakukan itu semua? Setidaknya aku akan membuat “virus baik” yang bisa memulihkan efek samping dari ulah “virus jahat” yang meski si “virus jahat” sudah almarhum efeknya masih terasa. Untuk urusan mengenali dan menghapus, biarlah itu menjadi kewenangan masing-masing antivirus karena itu memang tugasnya. Yang saya maksud “efek samping” itu seperti folder option yang hilang, tombol run yang hilang, entri registry yang berubah dan lain-lain.

Untuk lebih rincinya, tugas sang “virus baik” itu adalah sebagai berikut :

  • Mengembalikan folder option dan isinya-yang-kadang-dihapus-virus
  • Mengembalikan entry registry ‘exefile’ di HKCR yang dimodifikasi virus
  • Menghapus file-file sistem palsu yang biasanya digunakan virus. Misalnya system.exe seharusnya tidak ada di folder system32. Kalau ada, bisa dipastikan itu adalah virus.
  • Membuka pemblokiran regedit, msconfig, taskmanager yang terkunci
  • Membenarkan entri-entri registry shell dan winlogon yang menjadi trik virus untuk aktif
  • Fungsi-fungsi lain yang akan ditambahkan kemudian. Silakan beri saya ide untuk mengembangkan virus ini.

Melihat fungsi-fungsi di atas mungkin akan ada yang bertanya, “Kenapa tidak dibikin antivirus saja?”. Bayangkan program di atas dibuat menjadi bersifat virus/worm. Setelah membersihkan ulah virus lain di satu komputer, “virus baik” itu akan menyebar dengan sendirinya melalui media flashdisk dan ikut menyebarkan dan berbagi kebaikan memulihkan komputer yang dikacaukan virus. Bukankah jadi seperti kebaikan berantai? Jauh lebih baik daripada kerusakan berantai bukan?

Proyek ini akan segera saya mulai setelah UAS berakhir sambil menunggu pengumuman UAN yang menjengkelkan. Kalau sudah jadi akan saya kabari anda semua. Sourcenya kalau perlu akan saya share juga. Mungkin wilayah Banjarmasin akan menjadi wilayah pertama penyebaran virus kebaikan ini. Tunggu kedatangannya di toko-toko terdekat di kota anda.

* Kepada produsen antivirus, semoga virus kebaikan ini tidak dicurigai sebagai virus perusak *

Oh iya, ada yang mau memberi nama virus ini?



3 Responses to “Virus Penyebar Kebaikan”

  1. 1 pebbie

    bagaimanapun tujuan dan manfaatnya, melakukan tindakan ber-privilege seperti memaksakan registry, membunuh proses lain (terlepas dari proses lain adalah virus atau bukan), dan menggandakan diri tanpa sepengetahuan dan seizin pengguna sistem merupakan hal yang melanggar etika.

  2. @pebbie
    ya,,setidaknya virus ini bagi masyarakat awam akan memudahkan mereka.. bagi yang udah agak expert pasti langsung tau dan segera membunuh “virus baik” ini… saya tidak akan membuatnya menghalangi program lain ataupun melindungi diri sendiri. bagi yang ingin menyingkirkannya silakan,, itu hak mereka

  3. semoga , memang kebaikan yang dibawanya . saya mendukung saja , selama punya kekuatan hukum dan membawa kebaikan


Tinggalkan Balasan

