Tutorial : Mengganti Latar Profil FS

11Mei08

Sesungguhnya diri ini males bikin tutorial gak berbobot kayak gini. Bukannya saya ini Anti-Generasi-Friendster™, saya bukan juga Aktifis-Friendster a.k.a. Friendstaholic™ kok.

Entry ini semata-mata untuk menjawab semua pertanyaan yang masuk via comment di akun milikku (sebagian masuk langsung ke otakku via telinga kiri dan kanan dan Sms). Di mana pertanyaannya kurang lebih sama, “Kak, gimana sih cara bikin layout dari gambar kita sendiri ?” (Ini kebanyakan dari adek kelas dan yang ngerasa lebih muda dariku, kalo yang seumuran ato lebih tua sih takut gw hajar gengsi nanya kayaknya)

Ah, lagi-lagi Foefriendster™

Pertama kita perlu meluruskan pemahaman kita terhadap layout (CMIIW).

Sepertinya yang ditanya oleh penanya itu adalah gambar latarnya bukan? Kata “layout” merujuk ke susunan dan tata letak dari halaman itu yang diinterpretasikan oleh kode-kode CSS. Nah kode CSS inilah yang sering kita copy paste dari situs penyedia layout ataupun dari situs generator layout. Di dalam kode CSS ini tata letak dan formatting halaman (dalam konteks ini kita bicara FS) ditentukan, termasuk informasi gambar yang kita jadikan latar belakang.

Sudah jelas bukan? LAYOUT ≠ BACKGROUND. Kalau dalam matematika diagram Venn bisa dikatakan, “semua Background adalah bagian dari Layout dan tidak semua Layout adalah Background” (CMIIW)

Oke, daripada saya dihajar orang-orang-yang-udah-capek-capek-ngunjungin-entry-ini (Saya kasih linknya ke sini via comment n bulbo FS), langsung saja saya paparkan caranya yang sebenarnya sangat mudah bila anda mengerti bahasa inggris barang sedikit.

Satu. Saya asumsikan gambar yang ingin dijadikan latar sudah diunggah (baca: upload) di FS anda.

Dua. Perhatikan gambar. Copykan URL (alamat) yang saya tunjukkan

Klik untuk memperbesar.. Cukup copy bagian yang saya blok merah, tanpa tanda kutip

Tiga. Perhatikan kode yang anda copy dari situs penyedia layout gratisan, cari kata “background-image” (biasanya ada di bagian atas)

(klik untuk memperbesar)

Eh jangan bingung tulisannya warna-warni. Saya membukanya menggunakan Notepad++, silakan gunakan Notepad atau Word atau apapun yang anda suka. Ganti tulisan URL yang saya blok dengan URL yang dicopy dari FS anda tadi.

Empat. Selesai, sekarang copykan seluruh kode tadi ke box CSS di account FS anda. Dan save setting.

Silakan klik sini untuk melihat contohnya…

Inilah mental orang Indonesia, taunya make doank. Coba kode yang didapat itu dilirik dulu, kalo ngerti bahasa inggris pasti tahu bagian mana yang musti diganti.

*Ditimpuk penanya*

*Melirik ke atas* Kok lebih banyak bacot daripada tutorialnya ya ?

*Sory banyak bacot, menurut penelitian dan tes kepribadian saya termasuk orang yang kritis dalam berbahasa😛 *

– Tutor by : STRF.LNHRT –



11 Responses to “Tutorial : Mengganti Latar Profil FS”

  1. wah kalau saya sih anti generasi FS…
    dan tulisan anti FS buatan DB itu merupakan salah satu tulisan favorit saya, hehehehe

  2. Kadang bekgron yang segede gaban bikin profil eF-eS rada lamban dibuka, dan kalau dalam kasus saya, selanjutnya memicu “The program is not responding” — terutama kalau di profile box-nya kebanyakan multimedia.😛

  3. 3 MadMaX

    @Xaliber
    iya tuh, saya juga paling males kalo buka FS teman yang kebanyakan gambar, video n app-nya.
    Pada ga mikir apa ya, ntar kan orang malah males baca profilnya soale mbukanya aja pake lama.
    miris lihat anak muda yang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk maen FS, trus pas disuruh ngeblog mereka malah tanya: “hah, Blog? Apaan tuh? Makanan jenis baru ya?”😆

  4. @maxbreaker
    Saya juga di lubuk hati terdalam sebenarnya anti-generasi-friendster. Cuman apa boleh buat saya udah punya FS dari SMP sampe sekarang kelas 3 SMA. Setidaknya saya memulainya bukan dari ikut-ikutan mainstream.

    @Xaliber von Reginhild
    Iya saya juga paling sebal sama profil yg kayak gitu. kalo cuman bekgron gede sih gak terlalu masalah. yg nyebelin itu yg kebanyakan widget multimedia itu loh, apalagi pake musik segala,

    @maxbreaker
    Saya sedang berusaha mengkampanyekan blogging via friendster. Apa perlu dibikin group “Anti-Friendster™” dan “Mari-ngeBlog™” di FS ya?😛

  5. Hehe, kasus terparah saya sih profil FS dengan bekgron sekitar 1 MB, 2 video youtube, 2 lagu, dan gambar-gambar besar pada kolom komentar (entah ukurannya berapa).😛

    Apa perlu dibikin group “Anti-Friendster™” dan “Mari-ngeBlog™” di FS ya?😛

    Kontroversial banget.:mrgreen:

  6. Anti FS ya???

    Wahaha, saya sebenarnya mau. Tapi apa daya, kalo gak nge-fs, ke warnet buka apa??? Jadi banyak deh waktu buat buka web XXX, hehehe…

    Lagipula, dari FS, anda bisa mengiklankan ini blog kan??? Lumayan…

    (HEEEEEIII!!! BIKIN ICON EMOTION GIMANA CARANYA????)

  7. jangan pada sok lah pake acara anti fs segala jangan lupa kulit deh mentang2 sdh kacang, terus terang aq berawal dari fs dulu, kemudian blog dan terakhir web semua ada prosesnya kok
    kalau mau belajar dan mau bisa jangan gengsi nanya jangan lupa om google solusinya tp kita mesti dikit2 ngerti bahasa inggris kalau jago lebih bagus….. salam from Bali Blogger

  8. Eh,, kok banyak yg gak teliti ya? Atau cara penyampaian saya yg kurang tepat?

    Di situ saya bilang kalau SAYA BUKAN ANTI-FS !
    tapi JUGA BUKAN FS-MANIAK !

    jelas ?

  9. 9 hadi

    latar facebook


  1. 1 Jago Grafis ≠ Jago Desain Layout? « Deathlock
  2. 2 Ini blogku… awas nyasar!!! « Note of Boredom

Tinggalkan Balasan

