Make a New Site, and Say Good Bye to WP? No Way !!!

05Jul08

Kalau ditelaah perkenalan gw dengan WP.com bermula dari keinginan gw yang sangat besar untuk memiliki website pribadi.

Awal-awal mengenal internet gw membaca tentang trend blogging yang mulai marak di Indonesia. Pertama kenalan dengan BlogSpot, sudah punya dua account tapi tak pernah kubuka sama sekali, dan ujung-ujungnya lupa password.

Lalu iseng-iseng bikin site html sederhana dengan Dreamweaver dengan layout html tanpa css sama sekali, hasilnya kurang memuaskan. Sudah paham masalah hosting dan ftp tapi gak ngerti database mysql. Waktu itu gw belum tahu sama sekali tentang yang namanya CMS. Terhitung hampir 5 kali gw bikin website ulang dan 2 kali gonta-ganti hosting. Temanya masih tentang hacking dan semacamnya, hal yang saat itu sedang getol-getolnya gw pelajari. Layoutnya pun didominasi hitam dan hijau terang, warna khas dunia undernet.

Setelah (hampir) puas dengan web yang gw bikin dan mulai memasukkan entry artikel, gw mulai merasa ada yang kurang. Masa tiap kali mau update artikel atau halaman harus upload via ftp terus sih? Repot banget, apalagi di warnet biasanya gak ada html-editor buat ngedit artikel yang mau dipublish. Pake notepad? Halaman gw sudah pake layout tabel-tabel yang rumit! Pake notepad malah makin ribet!

Lalu gw membaca tentang WordPress yang katanya opensource, bisa diinstall di hosting sendiri, dan simpel update artikelnya. Setelah melesat ke warnet dan bawa pulang installernya gw malah bingung kok gak bisa dibuka di browser? Ternyata harus nginstall webserver berikut paket PHP+MySql sodara-sodara! Setelah baca-baca, gw putuskan untuk download webserver Apache ditambah program PHP dan mySQLnya sekalian. Tapi yang jadi masalah malah server Apache gak bisa konek ke database mySQL!

Lalu niat bloggingku sempat kandas sejenak. Tapi hal itu berubah ketika aku tahu bahwa ada Apache+PHP+mySQL yang sudah sepaket! Ya install aja paket bernama XAMPP itu, dan mulailah gw bikin blog sendiri. Tapi setelah jadi dan hasilnya diupload yang pertama mengecewakan adalah iklan dari hosting itu! Ilfeel dah liat blog udah bagus-bagus malah ada iklan tak diundang nongol, mending kalo ngasih komisi kayak adSense.

Bodohnya gw baru tahu kalo WordPress sudah menyediakan hosting siap pakai untuk bikin blog di wordpress.com. Akhirnya dimulai lah babak baru dunia perbloggingan dalam diriku.

Sekarang gw mulai rindu untuk punya situs yang dimaintain dan bisa diutak-atik sendiri. Lalu terbersit dalam pikiranku untuk kembali bikin blog yang dihosting sendiri meski gratisan kalau perlu domainnya bukan sekedar redirect kayak dot TK yang dulu gw pakai.

Engine’nya gw putuskan adalah tetap WordPress, karena gw emang udah jatuh cintronk pada WordPress! (untung gak gw lamar beneran) dan hostingnya make www.000webhost.com yang mottonya “better than paid hosting” dan bebas iklan. Sedangkan untuk urusan domain setelah bersemedi pendek, gw tetapkan dot
CO dot CC
, selain mendukung DNS(entahlah, belum terlalu ngerti soal yang satu ini) domain gratisan ini juga bebas iklan dan bukan sekedar redirect.

URL’nya adalah http://www.tipskomputerinternet.co.cc

Temanya masih kurang-lebih sama dengan situs yang dulu kucoba bangun, tapi lebih menekankan ke Internetnya dibanding Hacking. Silakan kunjungi bila ada waktu dan maaf kalau ada iklannya (semoga gak jadi mata duitan $$$)

Gw bikin blog ketiga ini (kalo yang dihitung cuma yang benar-benar aktif) salah satunya adalah untuk sekalian belajar CSS, PHP dan MySQL dengan mengutak-atik kode wordpress yang memang opensource itu. Mungkin nanti bakal bikin plugin dan theme WP sendiri atau jadi web developer betulan.

Sebagai bocoran, nama Freaky Triash di blog ketiga milikku adalah anagram sempurna dari kata Strife ditambah first name dari nama asliku.:mrgreen: Selain itu kata ‘Tri’ yang berarti angka tiga adalah tanggal lahirku (maksa deh)

Tenang saja, blog yang ini gak akan gw matikan kok! Coz, gw udah lengket sama komunitas di blogosphere WP ini. Lagipula kalo yang hosting sendiri itu rada repot berkirim-kiriman komen ke blog lain, harus isi ini-itu dulu.

See ya, I’ll keep writing in this blog after all.



8 Responses to “Make a New Site, and Say Good Bye to WP? No Way !!!”

  1. Er… Strife, ntar kalo kita keterima di ITS, bantuin saya ngedit blog baru saya ya?:mrgreen:

  2. Wah, saya jadi makin gatal buat hosting sendiri.:mrgreen:

  3. @pandu
    amiiin…. oke deh bro:mrgreen:

    @xaliber
    mau nyoba juga?

  4. Wah, saya juga jadi pengen nih, ntar ah kalo saya sudah mulai ngeblog lagi saya mau buat.
    BTW saya sudah mampir ke blog barumu, tapi kok belum ada iklannya ya?

  5. Weks, kok dimoderasi?

  6. Hack again?!


  1. 1 Ternyata… « Note of Boredom
  2. 2 Tahun Ajaran Baru, Rumah Baru, dan Semangat Baru

Tinggalkan Balasan

