I’m still here

25Jul08

http://www.StrifeBlog.com

Awalnya aku berpikir untuk membeli dari PANDI nama strife.net.id, strife.co.id atau strife.web.id. Tapi ternyata domain .net.id hanya untuk korporasi, bukan untuk personal. Cuma .web.id yang boleh untuk personal. Hmm… cuma 25rb untuk nama .web.id. trus aku berpikir lagi kenapa gak sekalian hostingnya aja?

Dengar-dengar free-hosting yang katanya better-than-paid-hosting itu sering menghapus akun membernya tanpa konfirmasi. Bahkan banyak pengakuan yang mengatakan akun mereka dihapus tanpa pemberitahuan setelah satu bulan. Ya, itu layanan free-hosting yang kugunakan untuk blogku yang tak terurus itu. Daripada beresiko begitu (walaupun belum ada bukti konkrit), kuputuskan untuk beli domain sekalian hostingnya. Domainnya jangan domain yang nanggung ah… Sesuai mimpiku dulu, bikin yang dot com.

Ketemu IDwebhost, setelah tanya-tanya sama om customer care, kubulatkan untuk menyewa hosting di sana dengan paket blog. Pas nyari nama yang pas aku sempat kesal karena nama domain yang kuidam-idamkan, http://www.Strife.com sudah ada yang membeli (tentunya dari registrar lain). Gak habis akal kucari lagi http://www.Strife.net, tapi sama! Not available! Ya sudah dengan berat hati kubeli juga nama domain StrifeBlog.com. Yang penting dapat domain yang bagus dan mudah diingat.:mrgreen:

Urusan pembelian selesai lalu urusan uplod-uplodan. WP sudah terinstall di server berkat paket blogging, tinggal pilah-pilih plugin. Ups, WP-nya belum apdet nih, masih 2.5.1. Maklum yang versi 2.6 masih fresh baru keluar. Apdet dulu sambil nyiapin widget buat dipasang. Nah, ini plugin-plugin pilihanku. Mungkin berguna sebagai referensi buat yang ingin menyusul.

Alluric Admin

Plugin ini sangat membantu dalam navigasi di dashboard WP. Misalnya mau ke tab Design > Widgets, kita gak perlu klik di tab Design dulu. Tinggal arahkan mouse ke tab Design, bakal muncul menu dropdown yang berisi tab-tab di bawahnya. Sangat menghemat waktu.

Admin Management Xtended

Biasanya kalau mau mengedit tag, category, tanggal post, dsb kita harus membuka halaman ‘edit post’ yang cukup berat (mungkin karena Rich Text editor yang berbasis ajax). Dengan plugin ini kita bisa mengedit judul posting, tag, kategori, tanggal post, dan comment status langsung dari menu ‘manage’ secara ajax juga, tapi lebih ringan dan efisien.

Akismet

Plugin yang sangat-sangat wajib sehingga disertakan dalam instalasi WP default.:mrgreen: Bagi yang belum tahu, ini adalah plugin antispam.

All in One SEO Pack

Meski berfungsi sebagai plugin SEO yang paling wajib bagi pengguna WP, kebutuhanku menggunakannya lebih karena kemampuannya mengubah formatting untuk title bar di browser.

Dodo

Namanya singkat. Fungsinya semacam memanjakan pengunjung setia. Plugin ini mencatat aktifitas pengunjung berdasarkan cookies dan IP. Informasi yang dicatat antara lain post mana saja yang sering dikunjungi, kategori yang sering dibuka, dan tag yang sering dibuka. Berdasarkan informasi tersebut pengunjung yang tercatat oleh plugin ini akan disuguhi tampilan khusus. Pengunjung tersebut akan diberikan reading recommendation dan entry-entry yang berhubungan dengan entry yang sering dibaca.

Feedburner

Fungsinya tak lebih dari mengalihkan feed default WP ke feedburner. Feedburner yang sekarang diakuisisi Google memungkinkan AdSense nangkring di halaman Feednya. Aku make plugin ini karena kebetulan dapat pas daftar FB.

Smart Links

Plugin yang berfungsi membuat link otomatis. Misalnya tiap kali aku menulis kata "blog baru" maka teks itu akan otomatis berisi link ke "http://strifeblog.com". Status Follow/NoFollow juga bisa diatur dari plugin ini.

Google Analytics

Plugin yang memudahkan untuk memasukkan kode tracker Google Analytic tanpa mengedit template. Google analytic adalah tool analisis dari google yang lebih powerful dari Blog Stats’nya WP. Banyak sekali yang bisa dipantau dari Google Analytic. Sayangnya untuk bisa memiliki dan melihatnya kita harus login dengan Google ID. Kalau tidak salah menggunakan layanan ini mempercepat situs kita terindex oleh google

Smilies Themer + Smilies Themer toolbar

Fungsinya untuk mengganti set smiley default WP. Ada beberapa package smiley yang sudah tersedia, tapi kita juga bisa memasukkan sendiri. Plugin smilies themer toolbar memungkinkan list smiley ditampilkan di bawah box comment. Jadi untuk memasukkannya tinggal klik.

Snazzy Archives

Membuat halam arsip tahunan dalam bentuk yang unik. Aku masih mengalami kesulitan menggunakannya, jadi untuk sementara dinonaktifkan dulu.

Tabbed Widget

Sesuai namanya plugin ini membuat widget-widget anda tampil dalam bentuk tabbed. Jadi lebih menghemat tempat.

What Would Seth Godin Do

Namanya aneh?:mrgreen: Fungsinya membuat kata-kata sambutan yang berbeda untuk pengunjung baru dan pengunjung lama yang sudah sering berkunjung. Kalau dipikir-pikir mungkin plugin ini berguna juga untuk menyembunyikan adsense dari para pengunjung setia. Jadi yang sudah sering berkunjung gak dipusingkan lagi oleh iklan yang bertabur:mrgreen:

WP Automatic Upgrade

Fungsinya untuk upgrade WP otomatis tanpa perlu donlot-uplod. Semua prosesnya berlangsung di server. Tapi entah kenapa saat proses update terjadi error. Mungkin ada sedikit restriction di tempat hostingku. Jadinya ya upgrade manual😥

WP Stats

Blog stats yang ada di WP.com tidak tersedia di instalasi default WP.org. Jadi untuk bisa menggunakannya ya harus install plugin ini dulu. Jangan lupa agar bisa aktif kamu harus meneydiakan API key dari account WP.com, dengan kata lain harus punya account WP.com meski hanya untuk aktifasi wp-stats :mregreen:

WP Thread Comment

Pernah buka deviantart? Dari awal aku tertarik dengan sistem ‘komen bersarang’ di situ. Jadi dengan plugin ini kita bisa membalas komen langsung di bawah komen tersebut dengan mengetik reply. Mungkin kurang efektif kalau yang komen terlalu banyak

SezWho Red Carpet Widget

Untuk memberi penghargaan bagi komentator terbaik. Setiap yang berkomentar di blog kita bisa dikasih rating 1-5. SezWho memiliki partnership dengan Entrecard. Sesama pengguna EC+SW yang saling berkomen bakal dapat poin EC dari EntreCard. Jadi rumusnya Entrecard+SezWho = More traffic+More Comment

..

Karena sebelumnya aku sudah mempersiapkan semuanya (dari tema, plugin, adsense, entry, dsb), begitu domain terbeli dalam hitungan jam pembangunan blogku itu sudah hampir selesai. Tinggal memasukkan widget yang kodenya hanya bisa didapat secara online (maklum main di warnet).

Ya itulah yang membuat aku senang dengan WordPress. Banyak plugin banyak theme, kustomisasi mudah! Dan bisa diinstall di komputer sendiri buat dioprek dan coba-coba. Hmmm…. delicious!

Hey, jangan kira dengan terbitnya blog baru lantas blog ini akan kuenyahkan. Blog ini tetap jalan sebagaimana biasanya kok.

I’m still here after all.

Peace!

 



6 Responses to “I’m still here”

  1. Wheeww…. Maen dgn 2 blog???

    Tampaknya akan susah tuh….

    Waahh!! Gila yah…WP mank rajanya Pluggin!! Mantap2 pula!! Jadi iri…😦

  2. Selamat! moga berhasil bro bisnisnya! maap saya sekarang jarang OL, kalo OL juga cuma bentar, jadi belum sempat maen ke blog barumu:mrgreen:

  3. @Sandy
    S*it!!! Jadi wordpress banyak plugginnya??? Sayang sekali, tidak menerima adsense kan???😦

  4. @Kyu Renjo
    WP.com = Gratis, Komunitas bagus, fitur lebih banyak drpd blogspot, gak bisa nambah plugin, gak bisa JS (otomatis adsense gk bisa jg)

    WP.org = Install sendiri, hosting sendiri, plugin banyak & bsia tambah sendiri, JS & adsense bisa karena kita hosting sendiri bukan nebeng WP.

    WP.com itu menyediakan hosting gratis dan subdomain di wordpress.com

    WP.org itu menyediakan installer yang kita install di hosting sendiri. Terserah kita mau hosting b’bayar atau tidak.

    Jelas? jangan samakan WP.com dengan WP.org
    😉

  5. Hooo!!! Saya mengerti… Saya memang bodoh IT…😥 :devil:

  6. @Kyurenjo
    Jangan bilang gitu, ntar malah jadi bodoh selamanya😉


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: