Repository Ubuntu di FTI UII

19Sep08

Sebelum beralih ke linux saya sempat main-main ke forum Klasiber.net dan menemukan informasi bahwa FTI sudah menyediakan download internal repo ubuntu. Itulah salah satu alasan saya memilih Ubuntu untuk dipinang Lunar, kalau ada repo lokal berarti apdet paket lebih gampang dan cepat. Lagian katanya ubuntu sudah populer di kalangan pengguna desktop dan laptop di Indonesia.

Yang pertama ingin saya install tentu saja dukungan Amarok untuk memainkan file MP3. Rupanya walau sudah migrasi ke linux, saya tetap gak bisa lepas dari pembajakan. Lah, tau kan kalo format MP3 itu ada lisensinya (Fraunhofer Institute German) dan untuk mendapatkan satu lagunya kita seharusnya merogoh kocek sekian dolar? Padahal di linux ada format musik alternatif yang opensource yaitu OGG.

Selanjutnya saya ngincar add-on buat efek-efek desktop kayak beryl atau compiz, biar gak kalah gengsi dengan yang make Mac.

Sekarang yang jadi masalah adalah penggunaan repo lokal itu. Sudah saya coba kok gak bisa install paket? Apa mungkin repo yang disediakan FTI-UII cuma buat Ubuntu dan bukan Kubuntu?

Di script yang harus dimasukkan ke “/etc/apt/sources.list” memang tertulis alamat IP lokal (192.168.***.***) berarti orang luar yang bukan konek dari fakultas gak bisa akses. Jadi analisis sementara saya komputer dengan IP tersebut sedang tidak terkoneksi ke jaringan atau sudah ganti IP. Well, saat ngetik ini saya baru ingat kenapa gak saya Ping dulu ya?

Hehe, dasar…

Ada pendapat lain?

Emm.. kira-kira kalo saya minta DVD repo’nya dikasih gratis gak ya?😛



One Response to “Repository Ubuntu di FTI UII”

  1. hehe… baru aja mau nyari DVD ke LAb, na loh orang labnya galau juga ternyata….hehe


Tinggalkan Balasan

