Blog Gratisan vs Blog Berbayar

25Jan09

Salah satu hal yang bikin penasaran diriku sejak mengenal internet sekitar 4 tahun yang lalu adalah bagaimana cara membuat website. Ya, waktu itu mungkin web 2.0 belum sepopuler sekarang (atau memang belum ada ya? aku kurang tau :D) Dulunya web masih statis jadi aku belajar bikin website pertamakalinya adalah dengan frontpage atau ms word. Ya memang benar-benar statis.

Tapi semua itu berubah saat aku mengenal apa itu blog. Ternyata membuat blog itu mudah, dan aku tidak perlu upload file-file html berulang-ulang seperti sebelumnya saat masih menggunakan situs statis. Dan akupun mulai membuat situs blog dengan wordpress di domain dan hosting gratisan.

Sekarang yang jadi masalah adalah bahwa nama domainku sangat tidak sedap dipandang karena masih menumpang di subdomain dari domain yang ‘beraroma’ murahan (misalnya freehost, freespace, freewebhost, dll) menggunakan url redirect pun tidak memuaskan karena tidak SEO friendly.

Lalu aku pun beralih ke domain & hosting gratisan yang disedikan wordpress.com (ya blog ini adalah salah satunya), meski ‘numpang’ aku tetap bangga karena komunitas sesama pengguna yang solid dan domainku akan aktif selamanya. Err, mungkin akan saya wariskan ke anak cucu aku kelak…:mrgreen:

Tapi setelah lama kelamaan aku tetap merasakan kekurangan di hosting gratisan yang kugunakan. Salah satunya adalah plugin & tema yang sangat terbatas. Aku ingin memiliki kontrol penuh terhadap blog yang kukelola, ingin punya blog dengan namaku sendiri, ingin bisa menambahkan script apapun yang kuinginkan tanpa pembatasan. Bagaimana caranya?

Menggunakan blog berbayarlah jawabannya!

Apa saja keuntungan menggunakan blog berbayar?

  • Anda punya kontrol penuh terhadap blog anda
  • Anda memiliki blog dengan nama anda sendiri
  • Terlihat lebih bonafid dan profesional
  • Anda bebas menambahkan apapun yang anda mau ke dalam blog anda, apakah itu script PPC (seperti AdSense dsb), widget-widget untuk mempercantik blog anda, dan apapun itu.
  • Anda bahkan bisa memiliki banyak blog yang berbeda dalam satu domain yang dipisahkan oleh subdomain. Misalnya saja http://blog.namaku.com dan http://foto.namaku.com
  • Dalam hal SEO anda bisa ‘berkreasi’ lebih bebas
  • Banyak blog berbayar yang menyediakan fasilitas instan. Anda tidak perlu mengerti urusan hosting, programming, menginstall, dan segala tetek bengeknya. Biarkan mereka mengurusnya untuk anda!

Dan kenapa tidak menggunakan blog gratisan?

  • Kurang personal dan bonafid karena ‘menumpang’ domain
  • Ada bagian-bagian tertentu yang tidak dapat anda ubah sesuka hati
  • Ada pelarangan untuk memasang konten/script tertentu. Seperti javascript, dll
  • Blog gratisan seringkali mengandung iklan
  • Apa kata dunia bila bisnis anda menggunakan blog gratisan??? Kelihatan tidak serius bukan?

Jadi, setelah anda membaca pemaparan di atas apakah anda mulai tertarik untuk memulai blog berbayar (baca: bukan gratisan) ? Saya sudah memulainya, bagaimana dengan anda?

Saya menemukan satu penyedia jasa blog instan yang menawarkan diskon 50% untuk 20 klien pertama. So tunggu apa lagi? Miliki blog instan dengan hanya Rp.150.000 sekarang juga! Penawaran khusus tahun 2009!



4 Responses to “Blog Gratisan vs Blog Berbayar”

  1. Promosi nih ye…😆
    dapet komisi berapa dab dari bwtblog?😆
    ah saya sedang merencanakan hosting di idwebspace😛

  2. @fadhil
    eh, kirain cewek nama dhila,, ternyata fadhil😆
    kontes bro… diem2 aja dulu…😀

  3. wah, emang strifeblog.com hosting di bwtblog juga ya?
    asem, dasar si Akhy!

  4. 4 dhilaaz

    *alergi sama yang berbayar2*

    hidup gratisan!
    hidup bajakan! *lho?*

    btw, ganti layout neeh..



