ORB

14Feb09
ORB

ORB

Genre: Science Fiction & Fantasy
Author: Galang Lufityanto
Tiga Serangkai, Desember 2008 (xii+416 hal)

Al-Qur’an menjelaskan bahwa ada makluk-maklik lain seperti yang disebutkan pada ayat (42, 29) dan (44, 29). Makhluk-makhluk itu disebut dabbah. Penulis memberikan penjelasan yang universal tentang makhluk-makhluk itu dalam bentuk sebuah novel.

Novel ini dapat memberikan penjelasan yang gamblang bagaimana alam gaib yang diciptakan Allah bercerita banyak, dalam kehidupan seorang anak kecil yang melindunginya dari segala ancaman dan bahaya yang ingin mencelakainya. Sebuah sel makhluk gaib berbentuk bola pancar aura/spirit (ORB) yang selalu mengikutinya.

Inilah buku yang awal bulan lalu baru kubeli di Togamas bersama beberapa buku-buku lain dan menghabiskan sejumlah besar uang bulananku dalam waktu singkat. Sudah lama aku gak baca-baca buku, entah kenapa aku tertarik aja melihat kover novel ORB. Setelah liat-liat sinopsisnya dan berkeliling dunia toko, akhirnya kuputuskan beli buku ini dan Bankir Sesaat (dan kurasa beli buku tersebut memang sebuah kesesatan)

Er, karena saya belum selesai bacanya (baru sekitar 60% ketika entry ini diturunkan), maka sinopsisnya saya ambil kopas dari sini aja ya.:mrgreen: (SPOILER WARNING)

“Jika sel merupakan partikel terkecil dari tubuh, orb (bola spirit) adalah sel makhluk gaib.”

Bola spirit itulah yang selalu melindungi Seno dengan menyerang siapapun yang ingin menyakitinya. Seno—sang tokoh protagonist, hanyalah seorang bocah kelas 4 SD yang harus menanggung beban hidup yang sangat berat di usianya yang masih sangat belia. Ia dikucilkan dari pergaulan teman-teman di sekolahnya. Bahkan oleh warga kampung dan orang-orang di sekitar rumahnya. Tak terkecuali tatapan benci dan menyalahkan kakak-kakaknya. Termasuk ayahnya sendiri yang tak mau mengakui Seno sebagai anaknya. Semua itu berawal ketika ibu Seno pergi bekerja di Batam dan pulang dalam keadaan hamil besar mengandung Seno. Orang-orang mengira bahwa ibu Seno bukan bekerja di sebuah pabrik tekstil di Batam sana, tetapi menjadi seorang pelacur.

Hingga kesunyianlah teman satu-satunya yang paling bisa memahami apa yang dirasakan bocah malang itu. Sebelum Gus yang kasat mata, nama spirit itu, menemani dan mengajak Seno bermain dari alam lain dengan caranya sendiri.

Kini, Genuine Hunting (GH)—tim peneliti hantu dari Amerika—memburunya ke Indonesia, Yogyakarta tepatnya. Tim itu terdiri dari Dr. Hugo Miller dan Vivien (keduanya sepasang kolega dari GH yang sudah berpartner sejak lama), Cassandra (seorang Cenayang), Su Chi Li (seorang wanita berdarah Asia yang bertindak sebagai ahli bahasa dalam tim), Mathias (lelaki berperawakan tinggi dan besar seperti anggota militer, sebagai teknisi), dan seorang doktor dalam bidang psikologi klinis berperawakan agak gempal dan pendek dengan tatapan simpatik, Patrick.

Yang menarik kemudian adalah, bahwa ternyata tim peneliti hantu itu telah disusupi oleh seorang agen dari CIA yang juga berkepentingan dengan objek penelitian itu.

Bahwa sejak tahun 1970-an CIA sudah meneliti hal-hal berbau supernatural untuk memata-matai Rusia, mencari kamp-kamp persenjataan mereka, dan juga melacak para tawanan Amerika yang disekap oleh mereka.

Hanya bedanya, kali ini CIA secara rahasia sedang mengembangkan proyek nanoteknologi dan menciptakan nano-nano machine yang dapat bergerak sendiri melalui program artificial intelligency. CIA sedang mempelajari cara mengendalikan nano-nano machine itu. Di mana spirit (ORB) dan nano machine mempunyai banyak kesamaan, terutama kemampuan mereka untuk berubah bentuk dan menghilang.

Well, novel ini semakin menarik ketika spirit itu “marah” dan menyerang siapa saja yang berusaha mengganggu Seno. Tak kerkecuali tim peneliti hantu dari GH itu. Hingga menyebabkan salah seorang anggotanya mati secara tidak wajar.



15 Responses to “ORB”

  1. Wah, ada konspirasisme-nya ya.

    Tapi menarik juga pembukanya dikaitkan sama agama.😛

  2. @Xally
    tertarik untuk beli, eh?
    bagian pembuka-nya itu memang tertulis di kover…😀

  3. Wow, thanks udah beli novel ORB-ku ya…. Kebetulan nih aku lagi iseng-iseng searching pembaca ORB-ku. Kunjungi blog gokilku (kalo lagi stress biasannya gokilku kumat, tapi kalo lagi waras ya nulisnya science-fiction atau laporan ilmiah…) di http://galanglufityanto.blogspot.com. Thanks heaps buat resensinya ya.

  4. @Galang Lufityanto
    Ow, gak nyangka dapat komen langsung dari pengarangnya😀
    Sama2 mas, aku cuman kopas resensi kok😉

  5. pinjem ya… lagi “kanker” nih
    *melihat kalender dengan melas*

  6. @Fairuz
    sini kupinjemin, tapi ambil sendiri ke yogya ya😀

  7. 7 Rukia

    *udah baca*
    Akhirnya nongol juga tu buku di Bali
    *bali lelet amat dengan buku baru n pilem baru*
    Novelnya bagus, tapi…..
    pokoknya™ baguslah:mrgreen:

  8. @Rukia
    pokoknya….😀

  9. 9 Bingkaiku

    Aslkm pak galang, novelnya bagus, dan jd baca berulang2, dan ada yg sedikit ditykn, Apakah orb itu nyata benar adanya ?.

  10. 10 Ichan

    Suatu hari, seorang teman bawa novel ORB d kelas pas lg kuliah (maxudnya dbc sesekali sambil nunggu dosen). Terus, seorang teman kami yg biasa dijuluki ‘si mbah’ bertanya: “eh, buku apaan tuh?”
    Temanku menjawab, “novel, tentang ORB”
    Trus ‘si mbah’ menjawab lg, “oh, Orb yg begini begini begitu begitu” ‘si mbah’ menyebutkan hal2 ttg Orb kayak yg ditulis d buku, dan bahkan beberapa hal lain. Trus dy bilang kalo ORB bnr2 ada. Pas ditanya mbah pasti udah baca bukunya, dy mati2an blg blm pernah bc buku ini. Trus malah nambahin kalo fenomena orb udh ada dr dulu gitu. Wah, temenku yg belum tamat baca tuh buku jadi merinding gara2 kata2 ‘si mbah’. Trus dy mengaku serasa ada sosok2 semisal Gus yg menemani dy baca, hehehe…
    Wallahu a’lam.

  11. 11 Nisa

    @ichan: kamu nyeritain aq ya…???
    bukunya emang bagus..jadi serasa baca buku based true story….
    bener gituh ORB teh ada???masa bisa buat orang mati???

  12. 12 Shasa

    hmm..,
    mau tanya nih,. cz, pnasaran ..
    sebenarnya bntuk orb sprti yg d’gmbar d’cover novel nya it mmang kyak gtu y??
    truz,, yg kta nya orb bisa brubah2 bntuk n’ warna nya beda2 ssuai dgn sifat ny.., it bneran gak??

  13. 13 zaky lavechia signora

    mas galang.
    novelnya keren parah,baru 2 hari yang lalu dibeli,sekarang langsung selesai.
    hahahahahha
    udah gitu sesuai ama mood saya yang suka horror.
    semoga bisa sukses kedepannya

  14. 14 Tri Fani Rahayu

    Udah baca novelnya. Minjem di perpus sekolah. Emang keren ceritanya.

  15. It’s perfect time to make a few plans for the future and it’s time to be happy.
    I’ve learn this put up and if I may just I want to counsel you some fascinating things or suggestions. Maybe you can write next articles referring to this article. I wish to learn even more issues about it!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: